Sejarah Kampus

Program Studi Kebidanan (D-III) Akademi Kebidanan Ar-Rahmah Bandung merupakan lembaga pendidikan tinggi bidang kesehatan yang diselenggarakan oleh Yayasan Karimur Rahmah. Prodi Kebidanan diselenggarakan tahun 2006 berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 73/D/O/2006 tanggal 30 Mei 2006 dan mendapat izin perpanjangan No. 3206/D/T/2008, dan SK Dirjen Dikti No. 5273/D/T/K-IV/2011 tanggal 19 Januari 2011, serta telah terakreditasi BAN PT Nomor : 024/BAN-PT/Ak-VIII/Dpl-III/I/2009. Berdirinya program studi ini selaras dengan Undang-Undang RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan yaitu pada pasal 18 yang menyatakan bahwa pemerintah bertanggung jawab memberdayakan dan mendorong peran aktif masyarakat dalam segala bentuk upaya kesehatan. Hal ini diperkuat pada pasal 25 ayat 1 yang berbunyi pengadaan dan peningkatan mutu tenaga kesehatan diselenggarakan oleh pemerintah, pemerintah daerah dan/atau masyarakat melalui pendidikan dan/atau pelatihan. Hal inilah yang mendasari peran serta yayasan selaku bagian dari masyarakat untuk menyelenggarakan pendidikan.

Pendidikan kebidanan menjadi salah satu pilihan dikarenakan tenaga bidan merupakan garda terdepan dalam upaya menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) yang menjadi salah satu indikator kesejahteraan negara. Selain itu 2 dari 8 fokus dunia dalam mencapai Millenium Development Goals adalah upaya penurunan kematian bayi dan peningkatan kesejahteraan ibu. Diharapkan nantinya Program Studi Kebidanan (D.III) Akademi Kebidanan Ar-Rahmah Bandung dapat membantu pemerintah di dalam menyediakan tenaga kesehatan yang profesional dan mandiri yang mampu memberikan motivasi kepada masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan khususnya dalam menurunkan AKI dan AKB di Indonesia.

Kurikulum Program Studi D-3 Kebidanan Ar Rahmah disusun berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan mengacu pada sistem kredit semester dengan beban bidang studi pogram D-3 yaitu 119 sks yang dijadwalkan untuk waktu 6 semester dan paling lambat 8 semester. Untuk mencapai maksud tersebut di atas para dosen yang dipercayakan untuk melaksanakan proses belajar mengajar sebagian besar adalah para senior yang memiliki pengalaman akademik dan pengalaman praktek serta dianggap cakap dalam mentransfer berbagai pengetahuannya terutama dibidang Kebidanan. Selain iitu untuk memperkaya wawasan pengetahuan dan relevansi setiap mata kuliah dibina oleh beberapa orang dosen. Para dosen tersebut adalah dosen senior yang memiliki kualifikasi kepangkatan akademik dari asisten ahli hingga lektor kepala, dari berpendidikan sekurang-kurangnya S-1.

< Kembali

 Galeri Ar-Rahmah

Akreditasi LAM PT-KES

Akreditasi perguruan tinggi khususnya pada program studi merupakan bentuk tanggung jawab penyelenggara…..

Latar Belakang Arrahmah

Latar belakang mahasiswa yang mengikuti program studi Kebidanan sangat variatif. Kenyataan ini mempertegas…..

Sarana Prasarana

Sarana dan prasarana yang dimiliki AKBID Ar Rahmah telah mencukupi sesuai dengan rasio mahasiswa…..